Sabtu, 01 Oktober 2011

Protozoa


Protozoa merupakan hewan bersel satu yang merupakan bagian dari kingdom Animalia. Protozoa berasal dari bahasa yunani proto dan zoan yang dimana proto berarti pertama dan zoan yang artinya adalah hewan. Jadi secara keseluruhan arti dari Protozoa adalah hewan yang pertama hidup. Protozoa merupakan organisme bersel satu eukariotik. Binatang ini dibedakan dari algae karena dapat bergerak aktif dan tidak mempunyai dinding sel.
Habitat dari pada protozoa ini banyak hidup di air atau ditempat yang lembab atau tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Hampir semua tempat yang berair dapat dijumpai protozoa seperti di laut, air tawar, daratan yang berair. Cara hidupnya dari protozoa ini dapat hidup dengan bebas maupun parasit pada berbagi organisasi lain.
Ciri-ciri dari pada protozoa adalah:
1.      Organisme uniselular (bersel satu)
2.      Eukariotik (memiliki membran nucleus
3.      Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)
4.      Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof)
5.      Hidup bebas, saprofit, atau parasit
6.      Dapat membentuk kista untuk bertahan hidup
7.      Alat geraknya berupa pseudopia, silia atau flagella
Phylum dari protoa ini terbagi dalam 5 kelas yaitu kelas mastigofora (flagellata), kelas Sacrodina (Rhizopoda), kelas Sporozoa, kelas Ciliata (Ciliophora), kelas Suctoria.
·         Kelas Mastigofora (Flagellata) alat geraknya berupa nagel (Bulu Cambuk). Bergerak dengan Flagel (Bulu Cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan. Contohnya adalah Euglena.
·         Kelas Rhizopoda (Sacodina) alat geraknya berupa kaki semu (Pseudopodia) yang merupakan penjuluran protoplasma sel. Contohnya adalah Amoeba Proteus, Entamoeba Histolityca, Entamoeba Gingivalis, Foraminifra Sp, Radiolaria Sp.
·         Sporozoa adalah protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Cara bergerak dari hewan ini adalah dengan cara mengubah kedudukan tubuhnya. Contohnya adalah Plasmodium.
·         Ciliata (Ciliophora) alat gerak berupa silia (rambut getar) anggota Ciliata ditandai dengan adanya silia (bulu getar) pada suatu fase hidupnya yang digunakan sebagai alat gerak dan mencari makanan. Contohnya adalah Paramecium.
·         Suctoria mirip Ciliata dalam hal pengerakannya tetapi hewan ini memiliki system pencernaan diluar tubuh dan cilia yang lebih sedikit.

Kelas Sacrodina terutama Foraminifera dan Radiolaria yang memiliki bagian keras terutama foraminifera besar. Foraminifera besar terbagi 2 macam yaitu foram kecil dengan ukuran 200 – 600 μm. Foram besar dengan ukuran 0,5 mm – 10 cm. foraminifera besar diidentifikasikan pada morfologi dalamnya sehingga pengamatannya menggunakan peraga sayatan tipis dengan mikroskop binokuler maupun polarisasi. Foram besar hidup dilaut tropis hingga laut beriklim sedang. Foram besar hidup dengan memakan diatome dan algae. Hamper seluruh foram besar memiliki dinding test yang terputar planispiral (horizontal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan memberi komentar untuk memperbaiki blog ini