Minggu, 09 Oktober 2011

Fosil Corpolite


  Fosil adalah benda alam yang berupa tubuh atau cangkang organism yang berupa jejak atau sisa kehidupan yang terproses secara alamiah, terawetkan dan terekam terutama dalam batuan sedimen, terutama yang berbutir halus. Dalam artian lain fosil adalah tanda adanya kehidupan geologi di masa lampau, pra holosen (11.000 tahun yang lalu). Fosil yang merupakan tubuh organisme baik utuh maupun kepingnya disebut sebagai body fossil. Sedangkan fosil yang merupakan tapak atau jejak organism disebut sebagai trace fossil(fosil jejak).
Buku Pedoman Praktikum Paleontologi, UGM
Secara singkat definisi dari fosil harus memenuhi syarat-syarat yaitu organismenya harus memiliki bagian keras seperti cangkang, tulang, gigi, jaringan kayu, organismenya harus terhindar dari kehancuran setelah mati, organisme harus segera terkubur oleh material yang dapat menahan terjadinya pembusukan, fosil harus terawetkan secara alamiah, berumur lebih dari 11.000 tahun.
Coprolite adalah sisa organisme yang berupa kotoran hewan. Corpolite berasal dari kata kopros dalam bahasa Yunani yang berarti kotoran. Corpolite dapat dihasilkan oleh semua organisme baik invertebrata maupun vertebrata. Mempelajari Corpolite erat kaitannya dengan bentuk anatomi dari pencernaan serta jenis makanan yang sering dimakan oleh organisme yang telah punah tersebut.
Buku Pedoman Praktikum Makropaleontologi,UNDIP
Dari fosil coprolite atau yang sering disebut kotoran hewan tersebut para arkeolog dapat mempelajari makanan penduduk tertua Amerika pada zaman tersebut. Dalam kotoran tersebut ditemukan jejak sisa makanan berupa tulang bajing, rambut bison, ikan, protein dari burung, anjing, dan rumput-rumputan.
Kotoran berusia puluhan ribu tahun yang sudah mengeras menjadi batu itu ditemukan dari sebuah gua di Oregon. Kode DNA yang diukur dari kotoran tersebut mirip dengan sifat genetika penduduk yang saat ini tinggal di Siberia dan Asia Timur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada zaman tersebut wilayah Amerika Utara diyakini sebagai gerbang penyebaran manusia ke Benua Amerika. Sehingga dapat diketahui Amerika Utara adalah sebagai tempat manusia akan memasuki Benua Amerika, dan diperkirakan Amerika Utara sebagai tempat penyeberangan manusia Asia melalui jalur yang menghubungkan Alaska dan Siberia.
Fosil kotoran manusia (Coprolite) ini berusia 14.340 tahun dan Coprolite ini berumur 1.000 tahun sebelum Clovis. Clovis adalah nama kebudayaan prasejarah tertua di Amerika Utara yang berkembang sejak 13.500 tahun lalu dan banyak diketahui dari barang-barang peninggalannya berupa mata-mata tombak dari batu yang khas. Disamping itu ditemukan juga sejumlah artifak didalam gua tempat tinggal manusia zaman tersebut. Dan dperkirakan juga orang-orang Prasejarah ini hanya tinggal beberapa hari didalam gua sebelum mereka berimigrasi ke tempat yang lain. Di ketahui juga pada zaman Prasejarah ini manusia hidupnya nomaden.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan memberi komentar untuk memperbaiki blog ini